Header Ads

Camat Tambun Selatan Hadiri Peresmian Puskesmas Desa Tridayasakti


MPGINews.com - Camat Tambun Selatan beserta Staffnya Hadiri Kegiatan Peresmian Puskesmas Desa Tridayasakti pada Hari Kamis 31 Januari 2019 Pukul 09.00wib.

Dalam Acara Tersebut di hadiri Oleh Dinkes Kabupaten Bekasi, Pengurus BPD, RT, RW, Kadus, Staff desa, Babinsa, Bimaspol, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Kader Posyandu

Dalam Sambutan Kepala Puskesmas Tridayasakti Ajat Jatnika,Skm Kecamatan tambun selatan pertama tama menghaturkan terimakasih kepada Semua pihak yang telah berkenan hadir dalam acara Peresmian Gedung Baru Puskesmas Tridayasakti.

Pembangunan kesehatan merupakan salah satu program utama Bangsa ini, landasan hukumnya adalah Undang-Undang No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan yang dianggap sebagai tonggak awal dari perubahan paradima baru tentang kesehatan yakni meniikberatkan pada:
1. Kesehatan adalah hak asasi dan salah satu unsur kesejahteraan,
2. Prinsip kegiatan kesehatan yang nondiskriminatif, partisipatif dan berkelanjutan
3. Kesehatan adalah investasi.
4. Pembangunan kesehatan adalah tanggung jawab pemerintah dan masyarakat
Sehingga untuk selanjutnya dalam beberapa tahun era reformasi Pemerintah telah menelurkan banyak produk hukum yang memberi jaminan baik pelaksana kesehatan maupun konsumen dalam hal ini masyarakat yang menerima layanan kesehatan sebagai wujud pelaksanaan dari amanat Undang-Undang Kesehatan.

Dalam pelaksanaannya, pembangunan kesehatan yang dimaksud dalam Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 tahun 2009 memerlukan keterlibatan seluruh elemen bangsa yakni pemerintah (berbagai sektoral), pihak pemerhati (swasta) serta masyarakat. Sebab dalam Paradigma sehat adalah cara pandang, pola pikir, atau model pembanguan kesehatan yang memandang masalah kesehatan saling terkait dan mempengaruhi banyak faktor yang bersifat lintas sektoral dengan upaya yang lebih diarahkan pada peningkatan, pemeliharaan, serta perlindungan kesehatan, tidak hanya pada upaya penyembuhan penyakit atau pemulihan kesehatan melainkan juga mencakup keadaan psikosoisal dan ekonomi yang mendukung untuk hidup sehat.

alokasi sumber daya dan pembiyaan, penyebaran pendapatan yang merata,  dan tingkat pendidikan yang baik, ketersediaan sarana kesehatan, pengendalian pertumbuhan penduduk, jaminan kesehatan serta kebijakan yang berkesinambungan yang mengarah pada tingkat progres yang positif. 

terlihat jelas bahwa masalah kesehatan begitu sangat luas dan beragam unsur yang ikut mempengaruhi grafik indeks pembangunan kesehatan. Sangat diperlukan bukan hanya terlibat melainkan harus secara aktif terlibat langsung dan terus menerus menjadi pelaku pemerhati bidang kesehatan, karena kesehatan merupakan suatu kondisi/keadaan dimana seluruh sturktur masyarakat secara tradisi memiliki pola pikir, kesadaran dan perilaku hidup sehat.

Camat Tambun Selatan H.Drs.Iman Santoso dalam Sambutannya berharap  pelayanan kesehatan masyarakat dapat lebih maju sehingga nanti nya bisa mendapatkan akreditasi terbaik. (Irma/Rachmat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.