Header Ads

Pangdam XII/Tpr : Penanggulangan Bencana Diperlukan Persiapan Yang Baik


Pontianak - Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan, Banjir, Puting Beliung dan Longsor serta Konflik Sosial Tahun 2019 Provinsi Kalimantan Barat di Ballroom Hotel Grand Mahkota, Kota Pontianak, Jumat (15/2/19). Yang juga dihadiri oleh Kepala BNPB RI Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk membahas pencegahan dan kesiapsiagaan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), banjir, puting beliung dan tanah longsor (batingsor) dan konflik sosial di Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019. Juga untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana pada Tahun 2018 lalu.

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi dalam paparannya menyampaikan bahwa dalam upaya  penanggulangan bencana diperlukan perencanaan yang baik. Pangdam meyakini dengan perencanaan yang baik 50 persen keberhasilan akan dapat diraih dalam menangani kebakaran lahan di Provinsi Kalbar.

"Diperlukan perencanaan serta konsep operasi yang efektif dan efisien dalam aksi penanganan bencana kebakaran," tutur Pangdam XII/Tpr.

Dalam paparannya Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi menekankan pentingnya kegiatan sosialisasi dan melakukan pembinaan secara terus menerus kepada masyarakat di Kalbar. Hal ini penting dilakukan dalam upaya pencegahan yakni dengan merubah mindset serta kebiasaan masyarakat sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membakar lahan.

"Pencegahan adalah menjadi operasi yang utama dalam penanganan kebakaran lahan," tegas Pangdam XII/Tpr.

Disampaikan juga oleh Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi perlu adanya sinergitas dari seluruh stake holder dan pihak terkait yang terlibat dalam penanggulangan bencana Karhutla. 

Rapat juga dihadiri, Kepala Badan Restorasi Gambut RI, Kapolda Kalbar, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Kepala BNPBD Prov. Kalbar, Danlanud Supadio, Danlantamal XII, Danrem 121/Abw, Dandim dan Kapolres se-Kalbar serta Para Bupati dan Walikota se-Kalbar. 

Dalam kesempatan tersebut Kodam XII/Tpr menerima penyerahan bantuan berupa 1 unit pompa apung bantuan dari BNPB RI yang diterima secara simbolis oleh Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi. (Pendam XII/Tpr).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.