Header Ads

SISWA DAN SISWI SMK TRIDAYA BEKASI HADIRI KEGIATAN SOFT SKILLS


Bekasi, MPGINews.com - Siswa dan Siswi SMK Tridaya Bekasi Sabtu 2 Februari 2019 pukul 10.00wib mengikuti kegiatan Soft Skills dengan Nara Sumber Dudung HRD PT.SUGITY GREATIVES INDONESIA.

Dalam Acara Tersebut Di hadiri Oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang KeSiswaan Anwar Saputra Ssos,  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Tomy Muedi,SE.

Dalam Sambutan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyampaikan pada siswa dan siswi agar benar Serius Mendengarkan Materi yang nanti nya akan disampaikan Dudung HRD PT.SUGITY GREATIVES INDONESIA.

Narasumber HRD PT SUGITY GREATIVES INDONESIA Menyampaikan Materi bahwa Soft skills adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Soft skill menyangkut karakter pribadi seseorang yang dapat meningkatkan interaksi individu, kinerja pekerjaan dan prospek karir. Tidak seperti hard skill yang berkenaan dengan kemampuan menyerap ilmu atau keahlian dan kemampuan untuk melakukan jenis tugas atau kegiatan tertentu, soft skill berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk berinteraksi secara efektif dengan sesamanya  baik di dalam dan di luar tempat kerja.

Beberapa contoh Soft Skills yaitu:

Kemampuan berkomunikasi
Kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain
Menyelesaikan masalah & berpikir kritis
Pendengar yang aktif
Giat belajar
Kemampuan berorganisasi
Kemampuan mengolah waktu
Profesionalisme
Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi

Setiap jenis pekerjaan akan selalu memerlukan sebuah ketrampilan sehingga dapat dikerjakan dengan baik, mencapai target yang ditetapkan dan meraih tujuan akhir yang diinginkan. Keterampilan ini dikenal dengan Ketrampilan Teknis (Hard Skills) yang untuk memperolehnya diperlukan belajar dan berlatih dalam program pendidikan khusus.

 Selanjutnya dalam perkembangan berbagai jenis pekerjaan yang melibatkan banyak orang dengan kemampuan dan ketrampilan yang berbeda-beda, maka perlu ditunjang dengan ketrampilan lain yang dikenal dengan sebutan Soft Skills (Ketrampilan Non Teknis), sebuah ketrampilan yang sangat terkait dengan sikap dan perilaku untuk menghadapi orang lain untuk membantu pekerjaan. 

Lebih condongnya pengertian soft skill adalah sikap dan kebiasaan Anda dalam berinteraksi dengan orang lain.

Soft skills tidak terlihat kasat mata dibandingkan kemampuan teknis, dan untuk memperolehnya Anda tidak serta merta harus mengikuti sebuah kelas pelatihan.  Anda dapat memperoleh soft skill melalui pengalaman disekolah, pengalaman hidup dan masa lalu, atau pengalaman dalam dunia kerja yang tengah dilakoni.  Pengalaman tersebut merupakan sebuah pembelajaran sangat berharga sehingga Anda dapat menjalani peran sebagai seorang professional yang tidak hanya handal dalam urusan teknis, namun sangat lihai berhubungan dengan orang lain.(Irma/Rachmat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.