Header Ads

Mamapas Lewu Sasar Kodim 1011/Klk


Kuala Kapuas, Rabu (20/3/19) - Ritual Adat Balian Mamapas Lewu merupakan ritual yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya sehari sebelum menjelang Peringatan Hari Jadi Kota Kapuas ke - 213 dan Hari Jadi Pemkab Kapuas ke - 68. Rombongan adat Hindu Kaharingan mendatangi Kodim 1011/Klk di jalan Tambun Bungai no.12, Kec. Selat, Kab. Kapuas.

Komandan Kodim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., mengatakan,  Ritual Balian Mamapas Lewu merupakan pembersihan segala apa saja di semua kota sampai ke pedalaman Kabupaten Kapuas. Ritual seperti ini dilaksanakan setiap tahun.

Dengan diiringi tabuhan katambun lantunan musik tradisional Hindu Kaharingan, rombongan yang dipimpin oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Talinting Toepak disertai para rombongan masuk ke dalam setiap ruangan berkeliling sambil membaca doa-doa ritual adat," kata Dandim.

Menurut Dandim, kegiatan ini dipercaya sebagai tolak bala untuk membuang hal - hal yang tidak diinginkan di Kab. Kapuas dari Pengaruh atau perbuatan jahat dan buruk. Baik yang dilakukan manusia maupun roh jahat (gaib) terhadap kehidupan diri dan lingkungan.

Selain itu juga, acara ini merupakan wujud kekompakan kita dalam membangun daerah, Mari kita jaga kerukunan, kebersamaan, keamanan, ketertiban dan persatuan.

"Mari kita terus lestarikan nilai luhur budaya agar kelak penerus kita dapat mengetahui dan makna kegiatan tersebut” ucap Dandim mengakhiri. (tim/red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.