Header Ads

Pangdam XII/Tpr : Sanggau Adalah Miniatur Indonesia


Sanggau, Rabu (3/4/19) – Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny. Mudi Herman Asaribab melaksanakan ramah tamah dengan Pemerintah Kabupaten Sanggau bertempat di Kampung Sentana, Sanggau. Acara ramah tamah dirangkaikan dengan acara Nugau (Kumpul Bersama) menunggu detik-detik Hari Ulang Tahun ke-403 Kabupaten Sanggau.

Acara ramah tamah juga dihadiri Danrem 121/Abw, Brigadir Jenderal TNI Bambang Trisnohadi, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Barat, Baginda Polin Lumban Gaol, S.H.,M.H., unsur Forkopimda Kabupaten Sanggau serta tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat Sanggau.

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab saat memberikan sambutan menyampaikan, bahwa kehadiranya bersama Kajati Prov. Kalbar tersebut mewakili Forkopimda Prov. Kalbar. Pangdam XII/Tpr mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi atas sambutan yang diberikan oleh Bupati serta masyarakat Sanggau.

Disampaikan juga oleh Pangdam XII/Tpr sebelum kunjungan tersebut sudah 2 kali berkunjung ke Provinsi Kalimantan Barat, pertama kali saat dirinya masih menjadi taruna pada waktu melaksanakan Latsitarda tahun 1988 di Kecamatan Karangan. Kemudian kedua kali, saat dirinya menjabat sebagai Wadan Seskoad berkunjung ke wilayah perbatasan Entikong.

“Saat latsitarda saya diberi Mandau oleh orang tua angkat saya, mungkin ini yang menyebabkan saya kembali kesini ketiga kalinya dan menjadi Pangdam XII/Tpr,” ujar Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab.

Pangdam XII/Tpr dalam acara tersebut mengatakan, Kabupaten Sanggau merupakan miniatur dari Indonesia, masyarakat Sanggau sangat majemuk, dari Aceh sampai Papua ada di Kab. Sanggau dan saling hidup berdampingan. Ini merupakan hasil pemikiran para founding father atau para pendiri bangsa yang telah membuat satu konsensus sebagai dasar negara yang tertulis pada lambang negara burung garuda “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu jua.

“Oleh sebab itu saya mengharapkan ini selalu menjadi dasar dalam kehidupan kita bersama,” harap Pangdam XII/Tpr.

Lanjutnya, menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pada bulan April ini Pangdam XII/Tpr mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau untuk mensukseskan jalannya gelaran pesta untuk memilih pemimpin negara tersebut.

“Pada bulan April ini kita akan menghadapi pesta demokrasi, saya mengajak semuanya dalam posisi Bhineka Tunggal Ika, karena kita datang dan berada disini adalah sebagai warga negara, mari kita bertanggung jawab sesuai dengan apa yang sudah kita kerjakan pada bidang masing masing untuk membawa masyarakat kita kepada satu wadah yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Pangdam XII/Tpr.

Sedangkan Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat memberikan sambutan mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Pangdam XII/Tpr beserta rombongan di Bumi Daranante yang saat ini sedang memperingati hari jadinya yang ke-403. Pada kesempatan tersebut juga Bupati Sanggau memberikan daulat kepada Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab untuk menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan HUT ke-403 Kab. Sanggau.

“Kehadiran Bapak Pangdam XII/Tpr merupakan surprise dan kehormatan bagi warga Kabupaten Sanggau,” kata Bupati Sanggau Paolus Hadi.

 (tim/red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.