Header Ads

Babinsa 1011-08 Mantangai Ajak Warga Antisipasi Bencana Banjir



Kapuas, Senin (27/5/19) - Babinsa Koramil 1011-08/Mantangai Serma Hardi Susiawan melaksanakan komunikasi sosial dengan warga binaan untuk berkoordinasi masalah banjir dikala musim penghujan tiba seperti saat-saat ini. Bertempat di Desa Mantangai Hulu, Kec. Mantangai, Kapuas, Kalteng.

Dandim 1011/Kuala Kapuas Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., mengatakan, komsos yang dilaksanakan untuk mensosialisasikan serta mengajak warga masyarakat lainnnya untuk mengantisipasi situasi yang dihadapi saat ini, yaitu masalah banjir yang kerap melanda wilayah Mantangai, yang diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi.

Pada kesempatan tersebut Dandim menuturkan, agar masyarakat lebih mengutamakan keselamatan jiwa dan mengamankan dokumen yang penting, sehingga dapat menghindari timbulnya kerugian jiwa

Tambahnya, jika wilayah desa tersebut mengalami bencana banjir, maka perangkat desa mengambil langkah-langkah tindakan yang dapat dilakukan antara lain, memberikan tanda-tanda terjadi bencana alam seperti suara sirene di mesjid atau memukul tiang listrik.

Selain itu juga, menyiapkan wilayah atau lokasi evakuasi yang aman, menyiapkan dapur umum, menyiapkan alat dan sarana angkutan evakuasi juga mengamankan lokasi bencana alam dari tindakan pencurian.

“Dengan mengamati curah hujan yang tinggi dan terjadinya kenaikan debit air sungai Kapuas secara signifikan maka dapat mengurangi resiko terjadinya korban jiwa terutama anak kecil atau orang tua yang sudah tidak mampu mengurus dirinya sendiri," ucap Dandim.

Bpk. Margo, S.Pd., selaku  Kepala Desa Mantangai Hulu  menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian Babinsa kepada warganya. Berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan baik, dan Kemanunggalan TNI Rakyat semakin kuat dan erat.

“Mengingat Desa ini yang berada di DAS Kapuas terutama saat musim hujan dan terjadinya pasang secara bersamaan dari arah laut biasanya air menutupi lantai rumah, dengan saran dan masukan babinsa dapat menjadi acuan dan pedoman antisipasi dalam penanggulangan bencala alam khususnya banjir," ujarnya.

Sumber :(Pendam XII/Tpr)
Tim/Redaksi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.