Header Ads

Paripurna Pengesahan Rekomendasi LKPJ Kepala Daerah Kab.Pulau Morotai Tahun 2018 sekaligus Buka Puasa Bersama


Morotai - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pulau Morotai bersama Pemerintah Daerah Kab.Pulau Morotai menggelar Paripurna Pengesahan Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2018 sekaligus Buka Puasa Bersama tepatnya Ruang Sidang DPRD. Selasa. (28/5)

Paripurna Pengesahan tersebut di hadiri oleh Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Wakil Bupati Pulau Morotai Hi.Asrun Padoma, Forkompimda Kab.Pulau Morotai, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab.Pulau Morotai, Kepala Kementerian Agama, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Kab.Pulau Morotai, Ketua MUI Kab.Pulau Morotai serta Tamu Undangan  Insan Pers.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kab.Pulau Mororai Fahri Hairuddin membuka Sidang Paripurna sekaligus menyampaikan sambutan, dalam Sambutannya bahwaLaporan Keterangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Pemerintahan Daerah merupakan suatu instrumen pengawasan politik bagi DPRD untuk dapat mengukur sejauh mana pelaksanaan Anggaran Daerah yang dialokasikan untuk  pembangunan dan pelayanan publik di Kabupaten Pulau Morotai pada Tahun Anggaran 2018. Selain itu pula LKPJ dapat dilihat sebagai instrumen penilaian terhadap target capaian kerja Pemerintah Daerah di Tahun 2018. Setelah melewati tahapan Pemeriksaan BPK Perwakilan Maluku Utara, LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Pulau Morotai Tahun Anggaran 2018 dinilai oleh BPK dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Opini WTP LKPJ Tahun 2018, tetap sama dengan opini yang disandangkan kepada LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2017. Meskipun demikian, DPRD menilai bahwa telah terjadi peningkatan sistem pemerintahan, sistem pelayanan publik, sistem pembangunan infrastruktur dasar dan sistem pengelolaan keuangan daerah yang semakin hari semakin mengalami perkembangan dan kemajuan yang signifikan. Perolehan opini WTP terhadap LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Pulau Morotai berturut-turut dalam 2 (dua) tahun terakhir ini sebenarnya tidak menyuruti upaya kerja keras Pemerintah Daerah melainkan dapat dilihat sebagai motivasi untuk dapat meraih opini tertinggi di tahun-tahun depan. DPRD sangat yakin bahwa perolehan opini dimaksud tidak terlepas dari kerja keras Bapak Bupati Pulau Morotai beserta jajarannya.

Tolak ukur penilaian DPRD terhadap LKPJ Kepala Daerah meliputi: RPJPD, RPJMD, RKPD, KUA-PPAS, RKA dan DPA SKPD. Evaluasi DPRD terhadap LKPJ Kepala Daerah meliputi dua hal penting yaitu.
1.Evaluasi terhadap kinerja Keuangan Daerah yang meliputi pencapaian kinerja perolehan pendapatan, Pengalokasian Belanja dan Kinerja Pembiayaan.
2.Evaluasi kinerja pelayanan public untuk melihak sejauh mana penyelenggaran program dan kegiatan secara efektif mampuh memenuhi sasaran dan tujuan yang telah digariskan dalam perencanaan strategi Daerah (RENSTRA) yang bersifat Tahunan. LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Pulau Morotai yang telah disampaikan kepada DPRD pada Tanggal 15 Maret 2019 yang lalu telah dikaji secara saksama sesuai dengan Tata Tertib DPRD. Pungkasnya

"Salah satu ketentuan umum yang baku untuk mengontrol sistem penyelenggaraan pemerintahan adalah Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang didasarkan pada ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, Laporan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada DPRD, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Masyarakat"

Pemerintahan defenitif Kabupaten Pulau Morotai yang telah berjalan kurang-lebih dua tahun ini memang perlu membuat refleksi dan evaluasi terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui LKPJ Kepala Daerah yang mana didalamnya termuat perihal arah kebijakan umum pemerintahan daerah, pengelolaan keuangan secara makro, pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan desentralisasi, penyelenggaraan tugas umum pembantuan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan. tutup Fahri


Indra/Redaksi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.