Header Ads

Akibat Banjir Kiriman dan Saluran Tersumbat, Sebanyaj 154 Rumah Warga di Desa Kubu Padi Terendam Banjir


Kubu Raya, Kalbar - Hujan deras di bagian desa kuala mandor menyebabkan sungai meluap di dua dusun desa kubu padi, Kecamatan kuala mandor B,Kabupaten Kubu raya,Terendam banjir Kamis pagi(13/6).

Akibat limpahan air itu,tercatat sedikitnya 154 unit rumah dan puluhan hektare sawah yang tersebar di dua dusun desa kubu padi. terendam.

Berdasarkan pantauan,ketinggian air di pemukiman penduduk antara setengah meter sampai satu meter,sehingga sebagian warga tidak dapat beraktipitas selain itu tanaman warga seperti Ubi keladi gagal panen karna akibat banjir.

Abdul Hajis,kepala Desa Kubu padi, menjelaskan,banjir mulai terjadi sejak tiga hari ter ahir ini mulai pukul 07.00 WIB,setelah ketinggian air terus naik hingga Kamis dinihari.(13.6)

"air tiba-tiba deras melimpah melewati Sungai dan langsung memasuki rumah-rumah warga.Ini karena kiriman banjir dari desa kuala mandor.selain itu dikarnakan saluran irigasi parit parit sudah banyak yang dangkal sehingga pemukiman warga mudah tergenag air," katanya.

Ia juga sudah mengusulkan melalui murembang untuk mendapatkan normalisasi saluran namun tahun berganti tahun usulan tersebut tak kunjung terealisasi.Ucapnya.


Banyak warga yang khawatir banjir lebih besar akan terjadi karena saat ini situasi di Laut  juga mengalami pasang yang ikut menghalangi limpahan air dari Sungai Kapuas sementara warga masih memilih tetap bertahan di rumahnya masing sambil menunggu air surut "Ucapnya

Tim/Redaksi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.