Header Ads

HEBOOH... Diduga Kena Hack, Pelaku Pakai WA Kapolres Situbondo Meminta Sejumlah Uang Jutaan Rupiah.

 Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono,SH.,SIK.,MH.


MPGI News, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. Baru-baru ini, publik dikejutkan oleh kasus pembajakan nomor WhatsApp (WA) yang dialami oleh salah seorang kader Partai Golkar, Ahmad Busairi (Kacong).

Belum kasus tersebut reda dan ditangkap pelakunya, kini terjadi kembali marak dan satu lagi orang nomor satu di jajaran Kepolisian Resort Situbondo yang diduga kena hack. Kali ini, korban tersebut adalah Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono,SH.,SIK.,MH.

Saat dikonfirmasi tentang kabar tersebut, Kapolres Situbondo Ajun Komisaris Besar Polisi Awan Hariono,SH.,SIK.,MH melalui Kabag Ops Polres Situbondo, Kompol Hermanto,SH mengatakan, "Fix di-hack. Dari semalam hingga pagi ini online."



Ia menambahkan, sejumlah pejabat dan personil jajaran di Kepolisian Resort Situbondo sudah berusaha menghubungi Pak Kapolres sejak Senin dini hari 10 Juni 2019.

Mereka mencoba menghubungi untuk memberitahu, ada yang menggunakan nomor Kapolres Situbondo Awan Hariono yang telah mengirim pesan WhatsApp dan meminta Transfer sejumlah uang kepada Wartawan Harian MPGI News, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. Senin (10/6/2019) pagi.

"Ketika saya info (japri) ke dia (Kapolres), dia membalasnya dengan memanggil 'mas'. Kan aneh?. Sudah gitu dia mengirim pesan WhatsApp dengan meminta Transfer sejumlah uang juga pada saya, dari gaya bahasa chat yang digunakan pun merasa ada yang berbeda dengan yang biasanya," ucapnya.



Kepala Kepolisian Resort Situbondo Ajun Komisaris Besar Polisi Awan Hariono,SH.,SIK.,MH menjadi korban peretasan WhatsApp (WA) pribadinya. Ia pun akan langsung melakukan penyelidikan dan melaporkan kasus tersebut ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Senin (10/6/2019).

"Sebentar mas, saya mau melaporkan ke Bareskrim," kata Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono melalui Kabag Ops Polres Situbondo, Kompol Hermanto saat dihubungi Wartawan MutiaraindoTV, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. Rabu (10/6/2019).

Pernyataan dan himbauan yang sama juga ditulisnya dalam beberapa grup WhatsApp, yakni di grup komunitas AJI Situbondo. Ia mencuitkan, himbauan bahwa " Saat ini HP Kapolres di Hacker orang yang tidak bertanggung jawab

Mohon atensinya bagi rekan-rekan, saudara sekalian apabila ada No. +6281399777737 meminta Kiriman Uang agar tidak dihiraukan, saat ini sedang di lakukan proses penyelidikan"

Lanjut Kompol Hermanto, dirinya menghimbau pada masyarakat Situbondo untuk mengabaikan apabila ada pesan WhatsApp atau Telepon mengatasnamakan Kapolres Situbondo dengan meminta kiriman sejumlah uang, karena nomor Pak Kapolres sedang dibajak orang jahat. Saat ini masih dalam proses penyelidikan serta akan dilaporkan tindakan peretasan tersebut ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

"Pagi ini Saya baru tahu WA Pimpinan dibajak orang lain. Hanya Pengecut yg menggunakan cara fitnah murahan untuk menjatuhkan orang lain dengan membajak WA Pak Kapolres. Saya akan laporkan kepada @CCICPolri," ucap Kompol Hermanto. (imam)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.