Header Ads

Menanti Kejutan Jokowi di Pidato Kenegaraan 2019


Jakarta - MPGI News.sehari sebelum perayaan kemerdekaan RI, Presiden akan menyampaikan pidato kenegaraan di rapat paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat. Itu adalah agenda tahunan dalam Republik ini, di mana Presiden akan melaporkan hasil kinerja dan visinya untuk bangsa.

Presiden Joko Widodo memulai tradisi baru penyampaian Pidato Kenegaraan yang berbeda dari para pendahulunya. Jika para presiden sebelumnya menyampaikan Pidato dengan gaya yang resmi dan sama setiap tahun, Presiden Jokowi selalu memberi kejutan-kejutan.

Masih ingat tahun 2017 saat Presiden Jokowi tiba-tiba muncul di hadapan sidang MPR dengan mengenakan baju adat Bugis? Semua orang terkejut dengan penampilan Presiden Jokowi. Bagi masyarakat awam, penampilan Presiden tersebut menjadi sangat menarik. Presiden Jokowi memberi kesegaran baru atas Pidato Kenegaraan yang selama ini sangat formal, kaku, dan menegangkan.

Pemakaian baju adat, dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenakan baju adat Jawa, memberi pesan penting akan keberagaman Indonesia. Hal tersebut menjadi langkah brilian Presiden Jokowi karena bisa memanfaatkan forum Pidato Kenegaraan untuk memberikan pesan-pesan kebangsaan non-verbal dengan maksimal.

Presiden Jokowi juga menyelipkan pesan-pesan atau pepatah dari berbagai daerah. Pesan-pesan yang selama ini menghidupi rakyat Indonesia, menjadi pegangan bagi masyarakat di berbagai penjuru tanah air.

Besok, 16 Agustus 2019, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan Pidato Kenegaraan. Mari kita tunggu, kejutan apa lagi yang bakal muncul dari Presiden kita, Joko Widodo.
(Tim Media/thoge)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.