Header Ads

PDAM Tirta Baluran Situbondo Gelar Rapat Konsultasi Publik Rencana Penyesuaian Tarif.


MPGI News, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur.
Karena harga bahan baku pengolahan air bersih saat ini sudah meningkat, namun tarif Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Baluran Kabupaten Situbondo masih menggunakan tarif yang diberlakukan Tahun 2013, sehingga hal itu membuat pemborosan keuangan untuk pengguna perusahaan daerah tersebut.

Agar tarif air bersih per meter kubik sesuai dengan biaya operasional saat ini, perlu dilakukan penyesuaian tarif. Walau demikian pemberlakuan tarif baru ini tidak juga dilakukan merta.

Untuk itu penyesuaian tarif air, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Baluran menggelar konsultasi publik bersama dewan Pengawas PDAM, Lembaga Konsumen Indonesia cabang Situbondo, perwakilan pelanggan air, LSM, Tokoh masyarakat dan sejumlah Wartawan, Sabtu (24/8/2019) pagi.

Rapat konsultasi publik rencana penyesuaian tarif air minum Tahun 2020 yang berlangsung di aula Kantor PDAM Tirta Baluran JL PB Sudirman N0 2 Situbondo dan dipimpin langsung oleh Direktur PDAM Tirta Baluran Situbondo, Jamal Fajri ST.

“Harga air PDAM se- Tapal Kuda, paling murah di PDAM Tirta Baluran Situbondo yakni dari Tahun 2013 sebesar Rp 1.350 per kubik meter. Oleh karena itu, kita akan melakukan penyesuaikan tarif PDAM Tirta Baluran pada Tahun 2020 sebesar Rp 2000 per meter kubiknya untuk masyarakat yang ekonominya mampu,” kata Jamal Fajri saat memberikan sambutan di hadapan para undangan Konsultasi Publik penyesuaian tarif air minum.

Lebih lanjut, Jamal menjelaskan, sedangkan bagi masyarakat miskin PDAM Tirta Baluran pada Tahun 2020, akan memberlakukan tarif dasar air sebesar Rp 1500 per kubik meter dan PDAM Situbondo juga akan memberikan sambungan gratis kepada masyarakat miskin.

“ Tarif dasar PDAM yang berlaku di Kabupaten Probolinggo Rp 2.000, PDAM Bondowoso Rp 2.000, PDAM Jember Rp 2.210 dan PDAM Banyuwangi Rp 1.875. Sedangkan di PDAM Kabupaten Situbondo hanya Rp 1.350. Jika dibandingkan dengan harga dasar air Se- Tapal Kuda, maka harga dasar air di PDAM Kabupaten Situbondo yang paling murah. Untuk itu, kata Jamal, kita akan menyesuaikan harga dasar air PDAM Situbondo menjadi Rp 2.000 per meter kubiknya,” jelas Jamal Fajri.

Adapun yang menjadi dasar hukum penyesuaian harga dasar air PDAM, sambung Jamal Fajri, yakni UU Nomor 5 Tahun 1962 tentang perusahaan daerah, UU Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, Peraturan Pemerintah Nomor 122 tentang sistem penyediaan air minum, Kepmendagri No 47 Tahun 1999 tentang pedoman penilaian kinerja PDAM, Keputusan Menteri Otonomi Daerah No 8 tahun 2000 tentang sistem akuntasi PDAM dan Permendagri No 71 Tahun 2016 tentang perhitungan dan penetapan tarif air minum.

Jamal Fajri mengatakan, jika tarif dasar air minum dari harga Rp 1.350 naik menjadi Rp 2000 pada Tahun 2020, maka PDAM Situbondo akan terus meningkatkan program pelayanan bidang teknik dan meningkatkan pelayanan bidang administrasi umum serta keuangan.

“Untuk itu, saya meminta dukungan teman teman yang hadir pada kegiatan konsultasi publik rencana penyesuaian tarif dasar air Tahun 2020 dan saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat pelanggan PDAM Situbondo mau menerima dengan kenaikan harga dasar air Rp 2000 pada Tahun 2020,” paparnya.

Tidak hanya itu saja yang disampaikan Jamal Fajri dihadapan peserta konsultasi publik tersebut, namun dia juga mempersilahkan para peserta untuk melakukan tanya jawab tentang rencana kenaikan harga dasar air minum tersebut.

“Jika hal ini sudah dianggap cukup oleh peserta konsultasi publik, maka kami agan segera mengajukan kenaikan harga dasar air minum ke Bupati Situbondo, ” terangnya.

Lebih lanjut, Jamal menegaskan, untuk mempertahankan standar mutu yang ada harus dilakukan. Walau demikian, lanjutnya, nominal tersebut masih berada di bawah Harga Pokok Produksi (HPP).

" Sebelum ada kenaikan harga, pihak PDAM wajib mensosialisasikan dan mempublikasikan pada masyarakat, "pungkasnya.

Sekedar informasi, pada Tahun 2020 mendatang PDAM Tirta Baluran Situbondo akan melayani pendaftaran sambungan rumah super kilat, daftar tunggu sambungan murah 2020 dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 550 ribu, penggantian meter air sebanyak 500 meter gratis, pemindahan 200 meter air dari dalam rumah keluar gratis, balik nama gratis dan pemberian reward bagi pelanggan yang rutin membayar rekening sebelum tanggal 5 setiap bulannya. (im)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.