ads

Kamis, 29 Agustus 2019

  • Follow us

Polres Melawi Kalimantan Barat Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Oprasi Patuh Kapuas Tahun 2019

Polres Melawi Kalimantan Barat Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Oprasi Patuh Kapuas Tahun 2019

Melawi Kalbar, NpgiNews- Hari Kamis (29/08/19) pukul 09.00 wib, bertempat di Lapangan Bhayagkara Mapolres Melawi telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Patuh Kapuas 2019 dengan tema "Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Untuk Mewujudkan Kemaseltibcarlantas, dimana Polantas Sebagai Penggerak Revolusi Mental serta Pelopor Tertib Sosial Di Ruang Publik.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kabag Ops Polres Melawi ( AKP Dedy Fahrudin Siregar, S.IP.,M.AP ) dengan tamu undangan, Komandan Subdenpom Nanga Pinoh, Perwakilan Sat Pol PP Kab. Melawi, Komandan Kompi Senapan A 642/Kps Melawi, Perwakilan Koramil Nanga Pinoh, Perwakilan Dinas Perhubungan Kab. Melawi dan Perwakilan dari PT. Jasa Raharja ( Persero ) Kab. Melawi.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin S.IK., M.Si Melalui Kabag Ops Polres Melawi AKP Dedy Fahrudin Siregar, S.IP., M.AP  dalam amanatnya menyampaikan sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan kita diharapkan yang pertama mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcar lantas), yang kedua meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat Fatalitas Korban Kecelakaan Lalu Lintas, ketiga membangun budaya tertib berlalu lintas dan ke empat meningkatkan kualitas pelayanan kepada Publik.

“Keempat hal itu merupakan permasalahan yang komplek dan tidak bisa ditangani Polantas sendiri melainkan sinergitas antara pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar permasalahan dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan semua pihak” Ucapnya.

Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak diangap penting, hal itu dapat dilihat dari political will penguna lalu lintas. Kesadaran penguna jalan masih sangat rendah.

“Data jumlah kecelakaan Lalu lintas untuk pelaksanaan operasi patuh Kapuas tahun 2018 diwilayah Kalbar sebanyak 25 kejadian, mengalami kenaikan dibandingkan periode tahun 2017 sebanyak 9 orang, jumlah korban meninggal tahun 2018 sebanyak  6 orang mengalami penurunan 3 orang disbanding periode 2017 sebanyak 9 orang, jumlah korban luka berat sebanyak 15 orang, mengalami kenaikan 7 orang dibanding periode yang sama tahun 2017 sebanyak 8 orang, sedangkan jumlah pelanggaran lalu lintas pada tahun 2018 berjumlah 15.459 pelanggaran mengalami kenaikan dengan jumlah tilang sebanyak 10.479 lembar dan teguran sejumlah 3.211 teguran” Paparnya.

Kasat lantas Polres Melawi AKP Aang Permana menambahkan Sasaran Prioritas Operasi Patuh Tahun 2019 adalah Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, Melawan arus, Menggunakan Handphone Saat Berkendara, Mengemudikan Kendaraan Bermotor Dalam Pengaruh Alkohol (Mabuk), Melebihi batas kecepatan, Berkendara di bawah umur, Tidak Menggunakan Safety Belt dan Menggunakan Lampu Rotator/Strobo.

(Lilik Hidayatullah )
Don't Miss

Berita Terkini