Header Ads

Tes Kemampuan Peserta Gerak Jalan Tentang Kemerdekaan.


MPGI News, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. 
Lomba gerak jalan tingkat SD/MI dilaksanakan pada hari Senin (19/08) siang. Mereka diberangkatkan dari alun-alun kota. Sebelum pemberangkatan, para siswa mendapatkan pertanyaan seputar kemerdekaan dari bupati. Kebanyakan, pertanyaan tersebut mampu dijawab dengan baik.

Bupati menanyakan makna kemerdekaan, nama-nama pejuang, hari dan tanggal diproklamirkan kemerdekaan, nama presiden dan wakil presiden pertama, serta pertanyaan lainnya. Siswa yang bisa menjawab diberikan hadiah yang diserahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Fathor Rakhman.

Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto SH mengatakan, pertanyaan tersebut untuk mengetes kemampuan siswa tentang kemerdekaan. Menurutnya, pemahaman mereka tentang sejarah sangat diperlukan.

“Para pelajar merupakan penerus bangsa di masa depan. Karena itu, pemahaman tentang sejarah sangat diperlukan,” katanya.

Bupati H Dadang mengaku, sebuah bangsa akan mendapatkan kejayaan jika tidak melupakan sejarah. Oleh sebab itulah, H Dadang bersyukur, para siswa jenjang SD di Situbondo memiliki kemampuan tentang sejarah.

Setelah memberikan pertanyaan, peserta gerak jalan langsung dilepas oleh Wakil Bupati, H Yoyok Mulyadi. Dia didampingi jajaran forkompida, serta beberapa kepala dinas yang hadir.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dispendikbud Situbondo, Sukarnadi mengatakan, gerak jalan tersebut tidak hanya untuk memperingati hari kemerdekaan. Tetapi, juga masih dalam rangkaian perayaan hari jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-201.

Sukarnadi menerangkan, peserta gerak jalan merupakan siswa SD/MI dari enam kecamatan. Yaitu Kecamatan Kendit, Panarukan, Situbondo, Panji, Mangaran dan Kecamatan Kapongan.

“Kami mengambil dari kecamatan terdekat, karena di masing-masing kecamatan sebenarnya sudah ada lomba gerak jalan,” jelasnya.

Peserta lomba gerak jalan diberangkatkan di depan pendapa. Kemudian melintas di Jalan Ahmad Jakfar, Jalan Wijaya Kusuma, WR Supratman, kemudian belok ke Jalan Mawar. Peserta tembus ke Jalan PB Sudirman dan finishnya di depan Masjid Al-Abror. (imam)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.