ads

Senin, 09 September 2019

  • Follow us

Khasanah Nuansa Nusantara dalam Bingkai NKRI

Khasanah Nuansa Nusantara dalam Bingkai NKRI

Pontianak - Siapa Kita... ? Indonesia. Apa Kewajiban Kita... ? Bela Negara. NKRI.. .? Harga Mati. Itulah yel-yel dikatakan Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH, dalam Doa Bersama Masyarakat Kalbar Untuk Negeri, Demi persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, pada Senin (9/9/2019) di Alun-Alun Kapuas Kota Pontianak.

Tampak jelas, ada ribuan warga Kalimantan Barat  memenuhi halaman Alun-Alun Kapuas Kota Pontianak. Mereka pada satu tujuan bersama, yakni berdoa bersama  Demi persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.  Pita ikat kepala merah putih, ada juga  masyarakat mengenakan pakaian adat menambah nuansa Nusantara pada acara doa bersama yang diadakan oleh Polda Kalbar ini.

Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH,  diawal sambutannya  menyampaikan sebuah pantun “Sungguh sejuk air kelapa, kelapa muda dibelah dua. Meskipun wajah kita berbeda rupa, keamanan dan ketertiban selalu terjaga.

“Kita pahami bersama Keamanan adalah kebutuhan setiap individu manusia. Semua perlu aman untuk melindungi dirinya dari hal yang bisa mengganggu aktivitasnya,” tutut Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH.

Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH mengingatkan,“ Oleh karena itu mengatasinya harus bersama-sama, sehingga kita semua yang akan mengatasinya. Sehingga harus tercipta keamanan dan ketertiban dilingkungan kita yang dibungkus ADEM - Aman, Damai, Energi dan Mantap,”.

Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH menjelaskan,  Provinsi Kalbar memiliki kekayaan alam, budaya dan agama, penduduknya dapat menjaga dan menciptakan rasa aman.  Itu semua berkat bersinerginya semua insan elemen masyarakat yang mengerti bahwa rasa aman merupakan kebutuhan masyarakat hakiki umat manusia, sehingga untuk mewujudkannya harus diciptakan oleh masyarakat semua.

“Sebagai indikatornya dapat kita lihat dengan dilaksanakannya beberapa agenda nasional dilaksanakan dikalbar dan alhamdulillah berkat kerjasama dan partisipasi semua element masyarakat kalbar semuanya dapat berjalan lancar, aman dan sukses,” tutut Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH.

Tidak hanya itu, Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH, kembali juga mengingatkan sebagaimana kita ketahui akhir-akhir ini penggunaan media sosial mengarah kepada ujaran kebencian dan bentuk-bentuk intoleransi serta informasi palsu (hoax) menjadi trending topic yang marak menghiasi jagad media sosial. Sehingga membawa dampak positif maupun negatif terhadap keutuhan NKRI, sebagaimana yang terjadi akhir-akhir ini di Papua dengan adanya orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan informasi hoaks, tanpa memikirkan dampak nasional untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“Oleh karena nya kita sebagai warga negara indonesia harus memiliki kedewasaan dalam menggunakan media sosial, karena media sosial betul betul bisa memberikan value added bagi masyarakat di era demokrasi. namun disatu sisi juga bisa menyebabkan potensi disintegrasi bangsa,“ ujar Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH.

Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH mengajak,” Mari mulai hari ini melalui doa bersama, kita jadikan provinsi Kalbar sebagai percontohan bagi provinsi lain di dalam menjadi daerah yang paling aman, paling damai, paling elegan, paling mantap, serta paling tertib dan paling bermartabat di Indonesia. Saya juga meminta doa kepada seluruh masyarakat kalbar untuk personel TNI dan Polri yang sedang menjalankan tugas pemulihan situasi keamanan di papua agar diberikan perlindungan, kekuatan untuk dapat menjalankan tugas dalam merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI di bumi Papua,”.

Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH berkata, “ Mari kita semua untuk ikut andil dalam menjaga keutuhan NKRI dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air sehingga akan senantiasa menjaga keamanan wilayah negara dari setiap ancaman yang datang baik dari luar maupun dari dalam negeri,”,.

Kepala Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Haji Didi Haryono SH MH menegaskan, “Perkuat rasa persatuan dan kesatuan antar suku bangsa sehingga memiliki rasa persaudaraan yang lebih erat untuk memperkokoh kesadaran kita dalam menjaga keutuhan NKRI,”.

Sebagai informasi diketahui, Gubernur Kabar diwakil Wagub Ria Norsan, Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Alfret Denny D Teujuh, Danlanud Supadio Pontianak, Danlantamal XII Pontianak, Forkopimda Provinsi dan Kota, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Drs Imam Sugianto, Walikota Pontianak, Wakil Bupati Kuburaya serta tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita dan mahasiswa, hadir membaur dalam kegiatan itu.


Sumber : Humas Polda Kalbar
Dha/Redaksi
Don't Miss

Berita Terkini