ads

Selasa, 14 Januari 2020

  • Follow us

Musrembangdes Desa Melamut Bersatu Tahun Anggaran 2020 Prioritaskan Pembanggunan Tower Internet Desa

Musrembangdes Desa Melamut Bersatu Tahun Anggaran 2020 Prioritaskan Pembanggunan Tower Internet Desa

Melawi, Kalbar MPGInews.com -Musrenbangdes atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik dalam hal ini yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbangdes yang diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa, dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada.Hal ini di ungkapkan Yusenno,Spd.MM. Camat Pinoh Utara Kabupaten Melawi saat membuka Musrembang Desa Melamut Bersatu di Balai pertemuan Desa Melamut Bersatu, selasa ( 14/01/20).

Yussenno juga menjelaskan,untuk seluruh usulan direkap dan dimasukkan dalam RKPdes sesuai dengan apa yang tercatat dalam RPJMDes, namun jangan sampai ada tumpang tindih kewenangan apalagi tumpang tindih dana karena aturannya sudah jelas dan sudah kita fahami bersama. Selain itu pihak desa juga memberikan penjelasan bahwa tidak semua usulan yang disampaikan dan menjadi kewenangan desa dapat secara otomatis dibiayai oleh APBDes, semua usulan tersebut harus dicermati lagi karena dalam penganggaran dana bantuan ada aturan-aturan yang harus diperhatikan, sebagai contoh adanya Dana Desa tidak bisa dipergunakan untuk pembangunan kantor desa dan sarana prasarana peribadatan.

" Meski untuk ajuan sarana dan prasarana peribadatan seperti rehabilitasi Masjid, Mushollah dan Pondok Pesantren banyak diajukan. Diharapkan dengan pemahaman yang baik antara Pemerintah Desa dan Masyarakatnya keterbukaan anggaran dapat difahami dengan utuh",ujarnya.

Selain itu Kepala Desa Melamut Bersatu,Masharudin menjelaskan, Musrenbangdes ini adalah kelanjutan dari kegiatan Musrenbang di tingkat Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa, BPD dan LPM Desa. Dalam kesempatan Musrenbangdes kali ini Kepala Desa memaparkan sekaligus melaksanakan sosialisasi atas Peraturan setiap Desa sekaligus memaparkan hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2019 yang lalu. Dimana pada tahun 2019 Desa Melamut Bersatu telah Membangun,Dua unit Steher,dua unit gapura,satu unit sumur gali,tiga ruas jalan rabat beton serta penyaluran dana pemberdayaan masyarakat,jelasnya.

Masharudin lebih lanjut menjelaskan,untuk tahun 2020 ada berapa item pembangunan di prioritas yang dibiayai oleh APBDes. Ada pun pembangunan yang di sekalaprioritaskan adalah,Pembangunan Gedung Serba Guna,Pembangunan Jalan Rabat Beton,Sambungan Pipa Air ke Dusun Mekar Sari,Bumdes dan yang tak kalah terpenting dan diprioritaskan adalah pembangunan tower internet desa.

" Pembanggunan tower internet desa ini sudah sanggat di butuhkan mengginggat perkembangan teknologi yang semangkin berkembang.Serta kebutuhan impormasi dan memberikan impormasi melalu digital",bebernya.

Pelaksanaan Musrenbangdes Tahun 2020 ini untuk Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Tahun 2020 dan Perencanaan Kegiatan Tahun 2020. Musrembangdes ini dihadiri Yussenno,Spd,MM.,Camat Pinoh Utara,Serda Agus Kurniawan,mewakili Babinsa Kecamatan Pinoh Utara, Masharudin Kepala Desa Melamut Bersatu,Imang ketua BPD desa Melamut Bersatu, Rully Noviardhi,ST.,sebagai Pendamping Desa Tekhnik inprastruktus ( PDTI ). Serta berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari wakil-wakil kelompok, Dusun, lembaga Desa, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa Melamut Bersatu.

( Lilik Hidayatullah )
Don't Miss

Berita Terkini